Jayapura (ANTARA) - Koramil 1708-01/Biak Kota mengawal pelaksanaan posyandu bagi balita dan ibu hamil di Pos Kesehatan Desa (PKD) Kelurahan Samofa, Kabupaten Biak Numfor dengan mengimbau warga untuk memeriksakan kesehatannya masing-masing.

Babinsa Koramil 1708-01/BK Serka M.P. Rumsowek dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan adanya posyandu di setiap desa diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah.

"Baik tentang kesehatan balita maupun menekan angka   kematian," katanya.

Menurut Serka Rumsowek, semoga dengan selalu dilaksanakan posyandu makaakan selalu terwujud balita yang sehat dan kuat sesuai program pemerintah.

"Karena balita merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan menggantikan generasi tua," ujarnya.

Sementara itu, Bidan Kelurahan Samofa Yuliana Kbarek mengatakan kegiatan babinsa dalam melakukan pendampingan posyandu sangat positif karena bisa mengajak dan mengimbau masyarakat yang mempunyai balita untuk melaksanakan penimbangan bayinya sehingga perkembangan  kesehatan bayi setiap bulannya bisa terpantau dengan baik.

"Posyandu adalah wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dibantu oleh petugas kesehatan," katanya.

Dia menambahkan adapun tujuan posyandu itu sendiri antara lain untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), ibu hamil, melahirkan dan nifas guna meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan.

Pewarta : Redaktur Papua
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024