Biak (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Biak Numfor Ruth Naomi Rumkabu mengajak perempuan asli Papua tidak minder dan terus melakukan inovasi dalam melakukan pelayanan di berbagai profesi pekerjaan.

"Semangat cita-cita pahlawan perempuan RA Kartini diharapkan menjadi inspirasi perempuan Papua," kata Ruth Naomi di sela-sela peringatan Hari Kartini 2022 di Lapangan Remaja Biak, Papua, Kamis.

Ia mengajak perempuan Papua menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah mencegah stunting di Kabupaten Biak Numfor.

Peran ibu dalam keluarga, menurut Ruth, sangat besar untuk memperhatikan kesehatan tubuh kembang anak supaya terbebas stunting.

"Pada Hari Kartini tahun ini saya berharap perempuan Papua bisa berbuat terbaik untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting," katanya.

Sementara itu, Bupati Biak Herry Ario Naap mengatakan, di balik keberhasilan pejabat daerah atau pimpinan organisasi perangkat daerah adalah sosok perempuan/istri.

"Perayaan Hari Kartini diharapkan makin menambah semangat perempuan Papua untuk terus menjaga identitas diri dalam lingkungan keluarga, masyarakat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Perjuangan RA Kartini dalam mengangkat emansipasi wanita Indonesia, menurut Herry Naap, dapat diteladani oleh perempuan Papua.

"Pemkab Biak Numfor terus memberikan peluang kepada perempuan untuk berkarya di jajaran birokrasi pemerintah," katanya.

Puncak peringatan Hari Kartini 21 April 2022 di Kabupaten Biak Numfor dimeriahkan dengan Tari Wor Kodim 1708/Biak dan Tari Nusantara dari organisasi istri TNI AU PIA Ardhiya Garini serta "launching" identitas adat perempuan Biak Asis dilakukan KetuaTP PKK Ruth Naomi Rumkabu.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024