Jakarta (ANTARA) - Pihak Universitas Cenderawasih Jayapura (Uncen)  mengharapkan alokasi kuota mahasiswa kurang mampu secara ekonomi di Papua penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)  Kuliah dapat ditambah dalam upaya membantu pelajar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Program KIP untuk mahasiswa sangat menunjang kelanjutan pendidikan pelajar di Papua,"ungkap Pembantu Rektor III Uncen Jonathan Kiwasi Worumi secara virtual saat pertemuan dengan wartawan dan perwakilan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang datang ke Universitas Cenderawasih, Selasa.

Purek III Jonathan berharap ke depan lebih banyak mahasiswa Universitas Cenderawasih yang menerima KIP, karena rata-rata mahasiswa di Universitas Cenderawasih berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah sehingga membutuhkan dukungan finansial untuk membantu keberlanjutan pendidikan mereka di perguruan tinggi.

"Kami sangat berharap mahasiswa penerima KIP di tanah Papua dapat ditingkatkan pada tahun depan karena memang sangat menyentuh kebutuhan mahasiswa melanjutkan pendidikan tinggi," ujar Jonathan.

Ia mengatakan sebanyak 577 mahasiswa menerima beasiswa KIP Kuliah pada 2021 sementara jumlah mahasiswa baru sebanyak 6.000-an. Sementara sebelumnya penerima beasiswa Bidikmisi pada tahun-tahun sebelumnya bisa mencapai 2.000-an mahasiswa di Universitas Cenderawasih.

577 penerima beasiswa KIP Kuliah angkatan tahun 2021 di Universitas Cenderawasih terdiri dari 135 penerima di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 27 penerima di Fakultas Hukum, 57 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 130 mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 44  Fakultas MIPA,  76  Fakultas Teknik, 72  Fakultas Kesehatan Masyarakat, 22 Fakultas Kedokteran dan 14 Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Biaya pendidikan per mahasiswa mencakup program studi A sebesar Rp8 juta/ semester, program studi B sebesar Rp4 juta/ semester dan program studi C Rp2,4 juta/semester.

Lima klaster daerah  dengan rincian klaster satu Rp800.000 per semester, klaster dua sebesar Rp950.000 per semester, klaster tiga Rp1.100.000 per semester, klaster empat sebesar Rp1.250.000 per semester, dan klaster lima yakni Rp1.400.000 per semester.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Universitas Cenderawasih berharap kuota penerima KIP Kuliah bertambah

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024