Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua mengimbau agar masyarakat tetap waspada penyakit pada musim kemarau basah yang sedang terjadi di Bumi Cenderawasih.
 
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Muhammad Musa’ad kepada ANTARA di Jayapura, Kamis, mengatakan dengan musim kemarau basah biasanya muncul beberapa penyakit untuk itu masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.
 
"Selain penyakit yang menjadi kewaspadaan namun juga bencana alam karena Papua merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana baik longsor maupun juga gempa," katanya.
 
Menurut Musa’ad, untuk itu ketika datang musim hujan pihaknya juga selalu mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada.
 
"Terutama kepada pihak-pihak yang sengaja merusak lingkungan Papua serta melakukan ilegal loging tanpa memperhatikan aspek lingkungan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pihaknya meminta kepada masyarakat jika ada yang melakukan tindakan yang dianggap meresahkan segera laporkan ke instansi terkait.
 
"Masyarakat tetap waspada dengan situasi yang tidak menentu hal tersebut bukan hanya Papua tapi juga Indonesia dengan perubahan iklim," katanya lagi.
 
Dia menambahkan juga kepada masyarakat mari bersama-sama menjaga hutan kita agar pelestarian dan perlindungan hutan dapat tetap terjaga apalagi Papua masuk dalam salah satu hutan tropis terbesar.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024