Wamena (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya Bambang Budiandoyo mengatakan bahwa pemerintah melaksanakan program-program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para kepala sekolah di wilayah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Di Wamena, Selasa, ia mengatakan bahwa program-program pelatihan untuk kepala sekolah di Kabupaten Jayawijaya diselenggarakan bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI).

"Kegiatan dilakukan bertahap dan untuk kali ini dilakukan pelatihan penguatan kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan dan manajerial," katanya.

Bambang mengatakan bahwa masih ada sekitar sembilan kali pelatihan lagi yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah.

Setelah mengikuti program-program peningkatan kapasitas, para kepala sekolah di Kabupaten Jayawijaya ditargetkan bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam mengelola dan mengembangkan sekolah dengan baik.

"Tugas-tugas yang saya sampaikan ini berkaitan tujuannya yaitu untuk pengembangan sekolah, menciptakan lingkungan sekolah yang baik, nyaman, sehingga anak-anak dapat belajar dengan baik, dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di sekolah, serta menciptakan pembelajaran yang berpusat kepada anak," ia menjelaskan.

Ia mengemukakan bahwa para kepala sekolah juga memiliki kewajiban untuk mengarahkan guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang fokus pada anak-anak.

 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024