Jayapura (ANTARA) - Asosiasi Futsal Kota Jayapura mendorong setiap klub di wilayah tersebut untuk terus membina para atletnya guna mempersiapkan diri mengikuti ajang PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura Mathias Mano di Jayapura, Senin, mengatakan dengan dipersiapkan sejak dini, maka atlet-atlet yang nanti dipanggil untuk memperkuat tim Futsal Papua pada PON XXI dapat tampil dan mempertahankan gelar juara PON XX 2021.

"Kami juga berharap melalui turnamen Nataka Papua Futsal yang digelar belum lama ini dapat melahirkan atlet-atlet muda berbakat yang nantinya akan dipanggil memperkuat tim futsal Papua di PON XXI," katanya.

Menurut Mathias, apalagi turnamen ini juga mempertandingkan tim futsal putri sehingga diharapkan ada dari peserta Nataka Papua futsal, juga direkomendasikan masuk tim futsal putri Papua di PON XXI.

"Karena untuk pertama kali cabang olahraga futsal putri akan dipertandingkan di PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara," ujarnya.

Sementara itu, Komite Eksekutif (Exco) Futsal Papua Daud Arim mengatakan pihaknya melihat ada beberapa pemain muda yang nantinya akan direkomendasikan masuk dalam tim futsal Papua di PON XXI.

"Sehingga kami berharap ke depan turnamen seperti Nataka Papua Futsal terus dilakukan supaya potensi atlet bisa dilihat mana yang terbaik," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menilai potensi futsal putri di Bumi Cenderawasih sangat baik karena sebagian pemain bermain di sepak bola putri.

"Jadi pemain-pemain ini nanti kami bisa melihat siapa saja yang bisa bermain di futsal untuk perkuat tim futsal Papua di PON XXI," ujarnya.

Sebelumnya, digelar sebuah turnamen yang diberi nama Nataka Papua Futsal yang berlangsung pada 11-26 Juni 2022 di Lapangan Futsal Mutiara Hitam Polimak, Kota Jayapura dengan total hadiah sebesar Rp100 juta.

Turnamen ini diikuti oleh 48 tim dengan rincian 40 tim putra dan delapan tim putri.

Pemenang Nataka Papua futsal turnamen untuk kategori putra yakni juara pertama Bisip FC, juara kedua Pstore FC, ketiga Aair Black FC dan keempat Bintang Papua FC.

Sementara kategori putri yakni juara pertama diraih oleh Salli FC, kedua Wahno FC, ketiga Wofle FC dan keempat Efata FC.

Sekadar diketahui, juara pertama kategori putra berhak atas piala tetap dan bonus sebesar Rp35 juta, sementara juara pertama putri mendapat Rp6 juta dan piala tetap.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024