Sentani (ANTARA) - Bupati Jayapura, Provinsi Papua Mathius Awoitauw secara resmi menutup Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura 2022, di Stadion Barnabas Youwe, Senin.

Mathius di Sentani, Senin, mengatakan pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan Porkab II yang berjalan sukses sehingga ke depan ajang ini akan terus dilaksanakan.

"Kami harus konsisten untuk menciptakan atlet muda berbakat karena Kabupaten Jayapura merupakan daerah penyumbang atlet terbanyak untuk Papua di berbagai event olahraga," katanya.

Menurut Mathius, pihaknya akan terus menyuarakan semangat semangat olahraga ke berbagai daerah di Papua agar bumi 'kenamabai umbai' tersebut bisa menjadi contoh bagi Kabupaten dan kota di Bumi Cenderawasih.

"Ke depan kami akan terus bergandengan tangan dan berkolaborasi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang lebih baik dalam bidang olahraga," ujarnya.

Dia menjelaskan event Porkab menjadi ajang pencarian bibit unggul pada cabang olahraga yang dipertandingkan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua 2022.

"Untuk itu melalui Porkab kami harapkan atlet di Kabupaten Jayapura dapat meraih prestasi gemilang sehingga dapat membela Papua di ajang PON XXI di Aceh dan Sumetera Utara," katanya lagi.

Dia menambahkan bagi atlet yang nanti akan dipanggil memperkuat kontingen Kabupaten Jayapura di event Porprov dan PON bisa menyiapkan diri dari sekarang.

"Supaya kami bisa wujudkan Papua menjadi yang terbaik dalam event olahraga tingkat Nasional," ujarnya lagi.

Pada ajang Porkab II Kabupaten Jayapura 2022 Distrik Sentani Timur keluar sebagai juara umum dengan meraih total 48 medali di mana 26 emas, 12 perak dan 10 perunggu.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024