Tembagapura, Mimika (ANTARA) - Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia  bergerak lebih maju dengan hadirnya teknologi baru sektor pertambangan 5G Mining hasil kerja sama antara PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura, Mimika, Papua.

Presiden Jokowi meluncurkan penerapan pertama pertambangan teknologi 5G Smart Mining  di kawasan Tembagapura, Kamis.

Presiden Jokowi mengatakan, teknologi ini digunakan dalam rangka mendukung otomatisasi kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan Freeport.

"Ini sebuah pertambangan tembaga salah satu yang terbesar di dunia dan saya senang sudah menggunakan 5G underground mining yang kita harapkan semuanya lebih efisien, semuanya lebih produktif," kata Presiden.

Presiden menekankan pentingnya sektor pertambangan harus segera mengimplementasikan teknologi seperti realitas bertambah, augmented reality (AR), internet of things (ioT) dan big data guna mendukung seluruh operasional di pertambangan.

"Kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan yang umumnya seperti PT Freeport ini berada di daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah," tutur Presiden.

Jaringan 5G memiliki sejumlah keunggulan antara lain dari sisi kecepatan, kekuatan sinyal, latensi, keamanan data, dan kecerdasan perangkat melalui multiple-input dan multiple-output memungkinkan lebih banyak ruang kecepatan data lebih tinggi.

Hadirnya teknologi 5G Mining di PTFI melalui pembaharuan infrastruktur, penguatan jaringan, dan pengembangan platform mobile edge computing.

Dengan demikian, teknologi 5G Mining di PTFI dapat mengendalikan berbagai mesin dan kendaraan di tambang bawah tanah dari jarak jauh, termasuk dari atas permukaan tanah.

Teknologi 5G juga memungkinkan PTFI memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera.

Turut hadir bersama Presiden di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Negara Pramono Anung, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson dan Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden: Indonesia bergerak lebih maju lewat 5G Smart Mining

Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024