Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua mengajak warganya untuk mengonsumsi makanan pangan lokal sebagai salah bentuk untuk melestarikan kekayaan kuliner tradisional di wilayah tersebut.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin, mengatakan dengan mengonsumsi pangan lokal seperti sagu, singkong dan ubi masyarakat dapat berperan mendorong ketahanan pangan.

"Tetapi juga masyarakat dapat mengurangi ketergantungan terhadap beras apalagi di Kota Jayapura pangan lokal sangat banyak namun pemanfaatannya masih berkurang," kata Frans Pekey.

Menurut Pekey, sebagian besar dari masyarakat Kota Jayapura masih mengandalkan beras padahal pangan lokal diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dia menjelaskan pihaknya berharap agar ke depan dalam setiap pertemuan atau rapat yang dilaksanakan di lingkungan Pemkot Jayapura harus disediakan menu pangan lokal.

"Karena dengan begitu maka akan meningkatkan pendapatan para petani dan pedagang yang menjual pangan lokal," ujar Pekey.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura Jean Hendrik Rollo mengatakan ke depan pihaknya secara rutin mengkampanyekan konsumsi pangan lokal kepada masyarakat di wilayah itu.

"Kampanye konsumsi pangan lokal tersebut dilakukan dengan mensosialisasikan kandungan gizi berbagi bahan pangan lokal seperti sagu, ubi jalar dan singkong," kata Hendrik Rollo.

Dia menjelaskan dengan meningkatkan konsumsi pangan lokal maka dapat meningkatkan pendapatan sekaligus pertumbuhan putra-putri asli Papua khususnya Kota Jayapura yang bergelut pada bidang pertanian.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024