Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI J.O. Sembiring menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada pilot asal Papua yang membantu operasi pemulihan masyarakat di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan.
 
"Saya selaku Komandan Korem 172/PWY yang wilayahnya membawahi Kabupaten Pegunungan Bintang mengapresiasi bantuan yang telah diberikan, khususnya Maskapai Ikairos karena berpartisipasi membantu TNI-Polri dan Pemkab Pegunungan Bintang saat pemulangan masyarakat ke Kiwirok," kata Danrem 172/PWY di Jayapura, Senin.
 
Ia mengaku bangga karena pilot yang tergabung dalam maskapai tersebut berani ikut misi kemanusiaan untuk membawa masyarakat dan logistik ke Kiwirok.
 
Padahal, kata dia, sebelumnya sudah menghubungi sejumlah maskapai penerbangan di Jayapura, namun ditolak dengan berbagai alasan dan prosedural yang berlaku.
 
Namun maskapai Ikairos menyatakan kesediaannya membantu TNI-Polri mengembalikan masyarakat Kiwirok sehingga sebagai ungkapan terima kasih Pangdam XVII Cenderawasih memberikan penghargaan kepada pilot, kopilot, dan maskapai, kata Sembiring.
 
Manajer Maskapai Ikairos Papua Air Service Nigat Kogoya menjelaskan alasan menerima tawaran melayani penerbangan di wilayah yang masih berkonflik semata-mata demi kemanusiaan.
 
“Papua ini tanah saya, yang kebetulan punya aviasi penerbangan dan memiliki pilot yang berasal dari Pegubin, yakni Nelson Urpon sehingga saya meminta untuk melayani permintaan Bupati Pegubin memulangkan masyarakat agar bisa kembali ke kampung mereka,” kata Kogoya.
 
Maskapai Ikairos memiliki delapan armada, tapi untuk sementara yang aktif baru tiga pesawat karena terkendala izin terbang (Air Operator Certificate/AOC).
 
 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024