Jayapura (ANTARA) - Telkomsel Region Maluku dan Papua mengimbau kepada masyarakat setempat selalu waspada terhadap nomor telefon yang tidak dikenal serta adanya pemberitahuan bahwa pelanggan mendapatkan bonus yang mencurigakan karena kini modus penipuan berkedok hadiah semakin beragam jenisnya.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua Dedfriady Masta di Jayapura, Jumat, mengatakan modus penipuan berkedok hadiah semakin beragam jenisnya di mana sebelumnya mengenal modus penipuan “mama minta pulsa”.

"Di mana pelaku berpura-pura mengaku sebagai keluarga korban dan dalam kondisi darurat, kemudian meminta korban untuk mengirimnya pulsa," katanya.

Menurut Masta, pihaknya meminta masyarakat agar melakukan pengecekan kembali validitas sumber informasi dan jangan asal klik link yang tidak jelas atau unduh sembarang aplikasi tidak terpercaya.

“Kemudian juga meminta agar masyarakat jangan pernah membagikan kode password sekali pakai (OTP), PIN, atau 'Magic Link' kepada pihak yang tidak dikenal, karena itu semua sifatnya rahasia, di mana hanya pelanggan yang boleh mengetahuinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya tidak pernah memungut biaya apa pun kepada pelanggan yang berhak mendapatkan hadiah secara resmi,

"Untuk itu pelanggan dapat melaporkan indikasi adanya penipuan melalui layanan pengaduan secara gratis dengan cara ketik PENIPUAN#Nomor HP Penipu#Isi SMS Penipuan dan kirim melalui SMS ke 1166," katanya lagi.

Dia menambahkan modus penipuan tersebut dinamakan "phising" yang merupakan salah satu jenis kejahatan "online".

"Pelaku bertujuan untuk mendapatkan informasi data pribadi seperti nama, usia, alamat, akun, password, hingga data perbankan yang nantinya disalah gunakan," ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024