Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-01/Biak Timur membantu para petani yang ada di Kampung Rimba Jaya agar bagaimana cara meningkatkan hasil panen cabai sehingga diharapkan ke depan menjadi swasembada bagi Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Wahyu Hendro Patrias Setiawan dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Sabtu, mengatakan hal ini penting dilakukan sehingga Kabupaten Biak Numfor tidak mendatangkan lagi cabai dari luar daerah bahkan Papua. 
 
"Kami melaksanakan pendampingan kepada salah satu petani di wilayah binaan yakni Matias S agar hasil panen dapat terus meningkatkan," katanya. 
 
Menurut Wahyu, pihaknya memberikan pendampingan dengan membantu pembersihan rumput, gulma dan melakukan penyiraman pada tanaman cabai tersebut.
 
 "Kami melakukan pemantauan bagaimana perawatan dan pertumbuhan tanaman cabai sehingga memberikan motivasi kepada petani agar tetap semangat dalam merawat tanamannya serta mencari solusi yang baik agar petani cabai bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal," ujarnya. 
 
Dia menjelaskan dengan adanya pendampingan dari babinsa ini, diharapkan tanaman cabai akan tumbuh dengan subur dan hasil panen yang dicapai petani akan meningkat
 
"Kami selaku aparat kewilayahan harus selalu aktif di wilayah binaan serta selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan memberikan pendampingan kepada petani, dengan aktif juga akan menciptakan silaturahmi dan keharmonisan bersama masyarakat binaan, dan tercipta kemanunggalan TNI," katanya lagi. 
 
Sementara itu, pemilik kebun cabai Matias U mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada babinsa yang sudah membantu pembersihan lahan cabe di tempat.
 
"Semoga dengan adanya pendampingan yang dilakukan babinsa ini dapat meningkatkan hasil panen nantinya," katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024