Sentani (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura, Papua menyebut semua kampung di wilayah itu sudah bisa mengakses telekomunikasi yang baik.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Rabu mengatakan akses telekomunikasi yang sudah merata di seluruh kampung karena adanya menara Base Transceiver Station (BTS) yang telah dibangun di wilayah itu.

Menurut Gustaf, dengan adanya tambahan sembilan site pembangunan BTS tahap III dari Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kominfo melalui PT Inti Bangun Sejahtera (IBS) maka dipastikan seluruh di kampung bisa mengakses telekomunikasi.

"Sembilan site tersebut tersebar Distrik Airu, Kemtuk Gresi, Gresi Selatan, Nimbokrang dan Yokari," katanya.

Dia menjelaskan, pada 2022 mantan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw telah meresmikan 99 site namun baru tujuh site yang baru berfungsi baik pada Januari 2023.

Dia mengatakan dalam pembangunan sembilan site tambahan itu sudah ada yang selesai seperti di Kampung Berap, Distrik Nimbomrang dan Kampung Buseryo, Distrik Yokari.

"Sementara yang lain sudah di distribusi bahan materiil sehingga target pengerjaan sembilan site secara keseluruhan pada Maret 2023," ujarnya.

Dia menambahkan total bantuan dari Kementerian Kominfo melalui BAKTI Kominfo untuk pembangunan BTS non 3T sebanyak 44 site sementara dari Indosat ada sembilan site.

"Kemudian dari Telkomsel ada 11 tetapi yang sudah dibangun ada tujuh sementara empat yang tersisa akan dibangun pada 2023," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024