Biak (ANTARA) - Sejumlah perempuan di Kabupaten Biak Numfor, Papua menampilkan Tari Saman dari Aceh hingga Yospan untuk memeriahkan peringatan Hari Kartini tingkat kabupaten, Kamis (27/4).
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana yang juga panitia Hari Kartini Biak Numfor Yohana Naap, Kamis  mengatakan penampilan tari Nusantara oleh perempuan Biak Numfor sebagai wujud kecintaan terhadap budaya seni dari seluruh Indonesia.

"Perempuan di Kabupaten Biak Numfor juga membuat rekomendasi 12 keputusan hasil seminar perempuan hebat, berdaya cerdas dan politik pada 18 April 2023," kata Yohana.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap memberikan apresiasi atas peran perempuan-perempuan hebat dalam menopang pekerjaan suami pada lingkungan birokrasi pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

"Saya nilai perempuan Papua sudah semakin maju dan bisa memegang jabatan dalam birokrasi sama-sama dengan laki-laki," sebut Bupati Biak Herry Naap.

Dia mengajak, para kaum bapak atau laki-laki untuk menghormati perempuan dalam segala kehidupan keluarga.

"Pemkab Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada perempuan-perempuan yang ikut membangun daerah mewujudkan Biak religius berkarakter dan berbudaya," kata Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap berharap, ada perempuan-perempuan yang akan menjadi pemimpin masa depan di Tanah Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

Kegiatan Hari Kartini ke-144 Kabupaten Biak Numfor dimeriahkan juga dengan pembagian bunga oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap kepada perempuan-perempuan Papua, istri kepala dinas, kepala sekolah, mahasiswi, istri kepala kelurahan.

Selepas pembagian bunga dilanjutkan parade perempuan dari berbagai organisasi wanita di Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024