Biak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengimbau warga waspada perubahan cuaca dengan terus mengikuti informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat melakukan mitigasi bencana.

"Perkembangan laporan prakiraan cuaca untuk Biak Numfor yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas1 Bandara Frans Kaisiepo Biak di-update setiap hari 24 jam," ujar Kepala BPBD Biak Numfor Otto PH Wanggai menanggapi perubahan cuaca di Biak, Papua, Minggu.

Ia mengimbau warga Biak Numfor untuk memperhatikan informasi cuaca resmi dikeluarkan BMKG stasiun Meteorologi Kelas 1 Bandara Frans Kaisiepo Biak setiap hari.

"Adanya laporan prakiraan cuaca BMKG diharapkan warga tetap mendapatkan informasi cuaca setiap waktu 24 jam," ujarnya. 

Pihak BPBD Kabupaten Biak Numfor, lanjut dia, saat ini juga menyediakan layanan call center 117 untuk laporan kebencanaan di daerah dan seluruh wilayah NKRI.

"Perubahan cuaca setiap daerah di Indonesia bisa saja mempengaruhi keadaan cuaca di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Sementara itu informasi cuaca Biak Numfor dari Instagram Stasiun BMKG Kelas 1 Bandara Frans Kaisiepo Biak pada Minggu dilaporkan cuaca cerah berawan hingga hujan ringan pada dini hari dan siang dengan suhu udara 24-31 derajat Celsius dan kelembaban 70-97 persen.

Sedangkan angin bertiup dari Utara Tenggara dengan kecepatan 5-24 km/jam. Sementara untuk prakiraan tinggi gelombang di pelabuhan berkisar 0,25-1,00 meter dan perairan 0,75-1,50 meter.

Hingga Minggu pukul 12.00 WIT keadaan cuaca di kota Biak Numfor dan sekitarnya tampak mulai cerah setelah dilanda hujan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024