Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua menggelar penanaman pohon di Kampung Ifar Besar Distrik Sentani pada daerah tersebut guna memperingati hari lingkungan hidup sedunia pada 5 Juni 2023.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin mengatakan penanaman pohon jangan hanya jadi simbol semata tetapi benar-benar menjadi perhatian bersama dalam menjaga lingkungan.

“Saat ini masalah terbesar lingkungan kita yakni sampah plastik, saya sarankan agar Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan yang berdampak untuk mengurangi sampah plastik,” katanya.

Menurut Triwarno, sampah plastik setiap hari semakin bertambah untuk itu pihaknya berharap agar semua lapisan masyarakat turut terlibat mengurangi sampah plastik.

“Cara mengurangi sampah plastik yakni dengan membuat produk-produk daur ulang dari limbah plastik sehingga berdaya guna,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan mengelola sampah plastik maka dapat meningkatkan ekonomi serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Kabupaten Jayapura.

“Ini merupakan bagian dari solusi atas polusi sampah plastik , hal ini seiring dengan komitmen dunia dalam mengatasi pencemaran lingkungan,” katanya lagi.

Dia menambahkan ada tiga jenis krisis yang sedang melanda lingkungan hidup yakni perubahan iklim, kehilangan biodiversitas dan yang ketiga polusi.

“Dalam rangka menekan angka polusi plastik secara nasional maka Kabupaten Jayapura turut bergerak mengikuti instruksi tersebut untuk mengurangi sampah plastik,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024