Jayapura (ANTARA) - Panitia Peringatan Hari Besar Islam menyampaikan bahwa 136 masjid dan beberapa lapangan di Kota Jayapura, Provinsi Papua, telah disiapkan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis (29/6).

Ketua Harian Panitia Peringatan Hari Besar Islam Provinsi Papua Alwi Tianlean di Jayapura, Rabu, menyampaikan bahwa warga Muslim di Papua sebagian melaksanakan shalat Idul Adha pada Rabu, dan sebagian lagi pada Kamis (29/6).

Alwi mengemukakan bahwa beda waktu perayaan dan pelaksanaan shalat Idul Adha tidak menimbulkan masalah di kalangan warga Muslim.

Mengenai pemilihan lokasi pelaksanaan ibadah Idul Adha, Alwi mengatakan bahwa panitia pelaksana sebaiknya memperhitungkan prakiraan cuaca dalam memilih tempat.

"Dengan kondisi cuaca saat ini, yang mana sering hujan, kami ingatkan kepada panitia pelaksanaan di lapangan agar membuat rencana cadangan guna mengantisipasi hal tersebut," katanya.

Selain itu, Alwi mengajak warga Bumi Cenderawasih untuk menjadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum untuk meningkatkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024