Biak (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Biak Numfor, Papua Arius Mirino mengajak kontingen Gerakan Pramuka Biak untuk menjaga kesehatan selama mengikuti Raimuna Nasional XII 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

"Peserta Raimuna Nasional dari Biak Numfor yang telah ditunjuk mewakili daerah merupakan putra dan putri terbaik asal Kabupaten Biak Numfor yang telah melalui rangkaian proses seleksi beberapa waktu yang lalu," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Biak Numfor Arius Mirino seusai melepas 30 peserta Raimuna Nasional XII, Sabtu.

Kadispora Arius berharap anggota Pramuka Kwarcab Biak selama pelaksanaan Raimuna untuk menjaga nama baik diri pribadi serta daerah Kabupaten Biak Numfor.

Kepada setiap peserta Raimuna, menurut Arius, untuk dapat menjaga stamina tubuh yang baik sehingga dapat lancar mengikuti acara kepramukaan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jaktim.

"Jagalah kesehatan yang prima sehingga menjadi faktor penting guna menyeluruh ikut pelaksanaan kegiatan," harap Kadispora Arius Mirino.

Sementara kepada para pelatih dan pendamping,pesan Kadispora, untuk senantiasa memberikan arahan, petunjuk serta pengawasan yang baik kepada peserta dari Biak Numfor mulai proses pemberangkatan peserta sampai dengan selesainya kegiatan ini.

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan Kwartir Gerakan Pramuka.

Kegiatan Raimuna Nasional yakni Filsafat Pancasila dan agama, jiwa perjuangan 1945, persahabatan dan kekeluargaan, perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi.

Serta kegiatan lain berupa seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup, keamanan dan ketertiban masyarakat, adat-istiadat dan tata susila;

Peserta Raimuna Nasional XII/2023 Kwarcab Gerakan Pramuka Biak akan berangkat ke Jakarta dengan kapal laut dari Pelabuhan Biak, Minggu (30/7).

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024