Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 9x18 meter di lapangan Alun-alun Pagaleme,dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI.
 
Penjabat Bupati Puncak Jaya Tumiran dalam siaran Pers di Jayapura, Sabtu, mengatakan pembentangan bendera Merah Putih sebagai upaya menumbuhkembangkan nasionalisme kepada masyarakat sekitar.
 
"Pada kegiatan hari ini juga kami membagikan sembako dan bendera kepada masyarakat," katanya.
 
Menurut Tumiran, ini merupakan perayaan pertama pascapembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan pandemi COVID-19 sehingga sudah seharusnya diadakan secara meriah.

"Dengan kirab ini diharapkan jiwa nasionalisme semakin bergelora. Merah putih sebagai wujud kecintaan, cinta Tanah Air, bangsa, negara. Kegiatan ini menjadi bukti akan tekad semua elemen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada kegiatan tersebut pihaknya melibatkan TNI, Polri, ormas, organisasi kepemudaan, tokoh agama dan pelajar sehingga selalu bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di Indonesia khususnya Kabupaten Puncak Jaya.
 
"Selain sebagai wujud kecintaan kepada NKRI, kirab merah putih ini sekaligus wujud tekad segenap elemen masyarakat Kabupaten Puncak Jaya," katanya lagi.
 
Sementara itu, Ketua I DPRD Miren Kogoya mengklaim selama enam tahun lamanya Kabupaten Puncak Jaya dalam keadaan aman dan kondusif.
 
“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menggelar acara ini sehingga dapat disambut baik oleh masyarakat. Juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Puncak Jaya yang turut andil mensukseskan acara ini kami," katanya.
 
 
 
 
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024