Sentani (ANTARA) - Pedagang aksesoris bendera merah putih di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua menyebut pendapatannya dapat mencapai Rp2 juta per hari menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI pada Agustus 2023.

Danny Bagus, salah seorang penjual aksesoris bendera merah putih asal Bandung, Jawa Barat di Sentani, Senin mengatakan penjualannya sangat ramai ketika mendekati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Bulan lalu itu orang yang beli masih sepi tetapi bulan ini penjualannya meningkat dan biasanya kami dapat Rp1 juta-Rp2 juta per hari,” kata 

Danny Bagus bersama empat rekannya setiap tahun datang ke Papua dari Bandung, Jawa Barat untuk mendagangkan aksesoris bendera merah putih.

“Kami setiap tahun datang ke Papua sejak 2019 dan rencana sebulan di sini sebelum balik 19 Agustus ke Bandung,” ujarnya.

Danny menyebut harga bendera yang dijualnya mulai dari yang termurah Rp10 ribu dan termahal Rp600 ribu.

“Bendera ukuran kecil itu harganya Rp10-50 ribu sedangkan bendera yang ukuran menengah hingga besar itu kisaran Rp300-600 ribu,” katanya.

Danny menambahkan aksesoris bendera yang dibawa dari Bandung ke Papua sebanyak enam karung besar yang ukuran setiap Karanganyar 50 kilo gram -100 kilo gram.

Penjualan aksesoris bendera merah putih di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua ada beberapa titik di Hawai, di Borobudur dan di Pertigaan Genyem-Doyo.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024