Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak, Papua menyebut, siswi asal SMA Negeri 1 Biak Jesica Tarigan terpilih sebagai peserta sekolah Parlemen Remaja 2023 di Gedung Nusantara Jakarta.

"Kami memberikan apresiasi atas terpilihnya siswi SMAN Biak mewakili Papua mengikuti sekolah Parlemen Remaja. Ya, ini menjadi motivasi untuk siswa lain untuk berprestasi di tingkat Nasional," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Jumat.

Siswi SMA Negeri 1 Jesica akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama enam hari mulai Senin-Sabtu 11-16 September 2023.

Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema "Remaja Kenal Hukum, Taat Aturan, Masyarakat Aman". Dalam kegiatan tersebut mereka akan merasakan simulasi bagaimana menjadi seorang anggota DPR RI.

Kamaruddin mengaku, sekolah Parlemen Remaja 2023 di gedung DPR RI adalah wadah pembelajaran politik bagi generasi muda Tanah Air khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, dengan mengikuti sekolah Parlemen diharapkan siswi SMA Negeri 1 Biak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas terhadap kinerja parlemen.

Ia berharap, melalui Pendidikan sekolah Parlemen Remaja 2023 dapat menjadi pengalaman dan ketrampilan siswi Biak untuk mengetahui seluk beluk tugas seorang wakil rakyat di DPR RI.

"Tugas pokok fungsi anggota dewan dalam melaksanakan pengawasan atau kontrol sosial, legislasi dan hak budgeting membahas anggaran bersama pemerintah," harap Kamaruddin.

Sebagai generasi muda Biak, lanjutnya, siswi setelah mengikuti proses Sekolah Parlemen dapat lebih meningkat pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia.

"Juga dengan mengikuti Sekolah Parlemen dapat menambah wawasan dan pengalaman melalui pelaksanaan simulasi sebagai legislator muda," ujarnya.

Kamaruddin mengaku keberhasilan siswi Biak menjadi peserta sekolah Parlemen bagian dari implementasi visi misi Bupati Herry Ario Naap untuk mewujudkan Biak religius berkarakter dan berbudaya.

Pada Jumat, siswi SMA Negeri 1 Biak peserta sekolah Parlemen Remaja Jesica Tarigan menemui pimpinan DPRD untuk menyampaikan keberhasilan peserta mewakili Provinsi Papua.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024