Jayapura (ANTARA) - Satgas Yonif 310/KK(Kidang Kencana) bersama Puskesmas Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, melaksanakan imunisasi ke pelajar SD Inpres Yabanda bertempat di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi.

Komandan Satgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangannya, Jumat (8/9) mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka bulan imunisasi anak sekolah (BIAS).

"Kami berupaya membantu menyukseskan program pemerintah di bidang kesehatan masyarakat khususnya selama pekan imunisasi nasional melalui program BIAS sehingga seluruh anak sekolah mendapat pelayanan imunisasi, " kata Fachrizal.

Dikatakan, kegiatan imunisasi dipimpin dokter satgas Letda Ckm Dr. Rizky Ananda Prawira Marpaung yang bekerja sama dengan tenaga medis dari Puskesmas Yaffi berlangsung, Jumat (8/9).

Sebelum pelaksanaan imunisasi prajurit dan petugas kesehatan dari Puskesmas Yaffi melakukan penyuluhan akan pentingnya imunisasi bagi anak-anak.

Kemudian dilakukan penimbangan berat dan tinggi badan serta pemberian imunisasi campak, tetanus dan HPV (imunisasi kanker serviks).

Imunisasi itu diberikan kepada 40 orang yang terdiri dari imunisasi campak rubela sebanyak 24 orang, imunisasi tetanus sebanyak 11 orang dan imunisasi HPV sebanyak lima orang, kata Letkol Inf Fachrizal.

Kepala Sekolah SD Inpres Yabanda Petrus Rumere (48) menyatakan berterima kasih atas terselenggaranya BIAS di sekolahnya dengan tertib, lancar serta berjalan dengan baik.

"Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak dan kami mewakili SD Inpres Yabanda mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada bapak TNI beserta Puskesmas Yaffi yang sudah memberikan imunisasi dan penyuluhan tentang kesehatan di sekolah," kata Kepala Sekolah SD Inpres Yabanda Petrus Rumere .

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024