Jayapura (ANTARA) - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Papua, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama terkait pengelolaan koperasi.

Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen Maylen Kambuaya di Jayapura, Selasa, mengatakan melalui penandatangan kerja sama diharapkan mahasiswa pada jurusan tersebut dapat mengembangkan praktik selama melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada koperasi binaan Dinas Perindagkop Kota Jayapura.

"Selain itu tujuan utama dari kerja sama ini ialah para dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis bisa melaksanakan kegiatan pengabdian karena khusus bagi dosen ada program Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian, penelitian dan pendidikan," katanya.

Menurut Maylen, pihaknya berencana memilih satu kampung yang berada Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura sebagai kampung binaan Universitas Cenderawasih (Uncen) sehingga para dosen nantinya bisa mengambil data untuk penelitian di kampung tersebut.

"Sehingga perjanjian kerja sama ini juga salah satunya untuk bisa memenuhi Tri Dharma perguruan tinggi sehingga jika nanti para dosen melakukan penelitian lebih dimudahkan karena sudah ada kerja sama dengan Dinas Perindagkop," ujarnya.

Dia menjelaskan selain melakukan penandatanganan kerja sama para mahasiswa juga melakukan seminar hasil KKN pada koperasi binaan Dinas Perindagkop Kota Jayapura.

"Di mana dalam seminar tersebut mahasiswa kami menyampaikan masalah yang ditemui di lapangan," katanya lagi.

Dia menambahkan dari hasil KKN tersebut mahasiswa mendapati sebagian besar koperasi yang belum melakukan penyusunan laporan keuangan dengan baik kemudian ada juga yang belum mempunyai struktur organisasi paten.

"Tetapi juga secara tidak langsung mahasiswa kami juga membantu Dinas Perindagkop untuk mendata berapa koperasi yang benar-benar aktif dan sudah tidak lagi aktif," ujarnya

Dia mengatakan program KKN dalam bentuk magang Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan akuntansi pada Dinas Perindagkop Kota Jayapura sebanyak 100 mahasiswa. Mereka ditempatkan pada 18 koperasi di mana satu kelompok terdiri atas enam mahasiswa.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Jayapura Robert Awi mengatakan pihaknya menilai kerja sama tersebut sangat baik untuk pengembangan koperasi di daerah itu ke depan.

"Ini menjadi sebuah program yang harus dipertahankan atau mungkin ditingkatkan lagi," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya mencatat koperasi di Kota Jayapura yang hingga kini masih aktif sebanyak 124 dari total 254 koperasi, sementara yang rutin melaporkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sekitar 80 koperasi.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024