Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan melaksanakan penanaman 300 bibit mangrove di area sekitar Jembatan Youtefa, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

"Kami berharap kegiatan penanaman bibit pohon mangrove ini dapat mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat di sekitar kawasan dalam pelestarian alam Kota Jayapura," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jayapura Hermanto pada Selasa.

Hermanto mengatakan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon mangrove merupakan bagian dari program pemerintah untuk mewujudkan emisi net-zero atau emisi nol bersih, keseimbangan antara emisi dan penyerapan karbon.

Di samping untuk meningkatkan penyerapan karbon dan mencegah abrasi, dia mengemukakan, penanaman bibit mangrove juga dilakukan untuk mendukung upaya pengembangan ekowisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Aktivis lingkungan yang telah menerima penghargaan Kalpataru, Petronela Merauje, berharap semakin banyak warga yang mengikuti gerakan menanam mangrove.

"Karena pohon mangrove dan juga pohon yang lain akan memberikan kehidupan bagi kami, terutama anak cucu nanti," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024