Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor Jayapura gencar melakukan patroli dan kegiatan preventif menjelang perayaan Natal 25 Desember 2023 dan tahapan Pemilu 2024.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dalam rilisnya, Kamis, mengatakan patroli ini dilakukan menjelang perayaan Natal dan tahun baru, serta dalam rangka menghadapi pemilu 2024.

“Satuan Samapta Polres Jayapura gencar melaksanakan patroli rutin dan kegiatan preventif di wilayah hukum Polres Jayapura oleh Dalmas Regu 3 Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Kapolres, pelaksanaan piket dan patroli dilakukan mulai dari pagi hingga malam hari.

“Kegiatan patroli mencakup patroli dialogis dan kunjungan kegiatan masyarakat, gudang logistik KPU Kabupaten Jayapura, serta Kantor Bawaslu Kabupaten Jayapura untuk memastikan kondisi dua lembaga tersebut dalam keadaan aman,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat menyambangi lokasi-lokasi tersebut, Satuan Samapta Polres Jayapura juga memonitor kegiatan kampanye masyarakat yang sedang berlangsung.

“Upaya ini juga bertujuan untuk memastikan jalannya proses demokrasi pada pemilu 2024 berlangsung tanpa hambatan, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi partisipasi masyarakat dalam proses politik,” katanya.

Dia menambahkan Keberadaan polisi di lapangan bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat jelang perayaan Natal dan tahun baru.

"Dengan adanya patroli rutin dan kegiatan preventif, diharapkan masyarakat dapat merayakan perayaan Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan nyaman dan damai,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Samapta Polres Jayapura, Iptu Sukardi mengatakan bahwa kegiatan patroli dan piket ini merupakan bagian dari strategi pencegahan dan penanganan potensi gangguan keamanan.

"Dengan melibatkan Satuan Samapta secara aktif di lapangan, diharapkan potensi ancaman dapat diminimalisir, sehingga perayaan Natal, tahun baru, dan proses pemilihan umum berjalan dengan lancar dan aman,” katanya.



 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024