Sentani (ANTARA) - Pangkalan TNI AU Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura, Papua, membuka food corner atau tempat penjualan berbagai aneka makanan guna mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di daerah setempat.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulisnya di Sentani, Minggu, mengatakan, pihaknya mengakomodir pelaku UMKM untuk menjual produknya di Dirgantara Food Corner.

“Tujuannya memberikan peluang usaha seluas-luasnya kepada masyarakat atau pelaku usaha untuk menjual produk UMKM sehingga kehidupan ekonomi mereka meningkat,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah memfasilitasi pencahayaan atau lampu di Dirgantara Food Corner akan menambah semarak pengunjung untuk berkunjung ke tempat tersebut.

“Kami harap dengan adanya dukungan penerangan dari Pemkab Jayapura penjual dan masyarakat (pembeli) di food corner dapat lebih nyaman lagi menikmati suasana di tempat itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain penerangan, Pemkab Jayapura membangun trotoar di Dirgantara Food Corner untuk lebih memberikan nilai estetika dan keindahan semua aspek terutama aspek ketertiban dan keteraturan.

“Sekali lagi ini bukan semata-mata ingin mengejar keuntungan tetapi lebih kepada memberikan akses lebih kepada masyarakat atau pelaku UMKM untuk berjualan dengan tempat yang representatif,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan memfasilitasi lahan parkir yang baik sehingga pengunjung yang datang bisa memarkirkan kendaraan dengan baik.

“Intinya dari lahan parkir ini, pengunjung yang memarkirkan kendaraan tidak mengganggu aktivitas pengendara lain sehingga lalu lintas tetap berjalan seperti biasa tanpa adanya hambatan,” ujarnya.

Dirgantara Food Corner, area ini masuk dalam kawasan Lanud Silas Papare Jayapura dan peruntukan lokasi tersebut telah dilaporkan ke Kementerian Keuangan RI, sehingga biaya sewa dari pelaku UMKM akan disetor ke kas negara.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024