Biak (ANTARA) - Dinas kesehatan (Dinkes) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berkomitmen menyediakan kemudahan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama liburan Lebaran di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Biak Indra Bayu dalam keterangan pers di Biak,Senin mengatakan, prinsip portabilitas diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat,setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Indra Bayu berpesan pastikan pemudik untuk memeriksa masa aktif berlakunya kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Saat ini BPJS Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Biak Numfor memberi kemudahan, cukup menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)," kata Indra didampingi Sekretaris Dinkes Esau Leunufna dan Kabag Prokompinda Ilyas Rasyid.

Indra mengatakan di saat libur, peserta BPJS yang sedang melakukan perjalanan atau di luar daerah tempat  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai layanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat dan bagi layanan non tatap muka melalui administrasi WhatsApp (Pandawa) dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Bagi peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi jaminan kesehatan Nasional melalui aplikasi Mobile JKN," ujarnya.

Untuk Biak Numfor, lanjut dia, fasilitas kesehatan diberikan kepada 21 Puskesmas dan dua rumah sakit yakni RSUD Biak dan RS TNI AL.

Sekretaris Dinas Kesehatan Esau Leunufna mengatakan, selama cuti lebaran FKTP tetap buka pelayanan kesehatan.

"Selama cuti lebaran, kami berkomitmen tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN dengan tetap membuka pelayanan kesehatan saat cuti bersama kami membagi jadwal petugas yang tidak merayakan di FKTP maupun fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut dapat tetap memberikan layanan kesehatan," katanya.

Esau mengatakan, Dinkes menyiapkan posko kesehatan bersama tim Public Safety Center 119 untuk keadaan darurat.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Setda Biak Elias Rasyid memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas sinergi yang dilakukan antara BPJS Kesehatan dan Dinkes atas layanan yang telah disiapkan menjelang liburan lebaran 2024.

"Saya harap rekan-rekan media dapat memberikan informasi kepada masyarakat di Kabupaten Biak Numfor agar ketika hal-hal tidak dinginkan mereka tak kebingungan," katanya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Yubelina Marandof di Biak, Senin, mengatakan selama libur Idul Fitri pelayanan tetap buka, seperti 21 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah cukup menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024