Biak (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memberikan bantuan peralatan pelaku usaha perikanan Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa.

"Bantuan peralatan perikanan yang disalurkan pemerintah untuk membantu pengembangan produksi pelaku usaha OAP supaya mandiri," ujar Penjabat Fungsional Pembina Direktorat IKM Pangan Furniture dan Bahan Bangunan Dirjen Aneka Dirjen IKM dan Aneka Budi Harsono SKom, di Biak, Selasa.

Ia menyebut, bantuan peralatan perikanan merupakan barang milik negara yang dibeli dari hasil pajak masyarakat, sehingga harus dirawat supaya digunakan mendukung operasional produksi pelaku usaha OAP.

"Gunakan peralatan bantuan pemerintah untuk menopang usaha produksi perikanan kelompok usaha OAP," kata Budi berpesan.

Dia mengatakan, selain bantuan peralatan, pihaknya juga memberikan pendampingan manajemen dan bantu pelaku usaha OAP.

Dia berharap, dengan adanya bantuan ini dapat berdampak terhadap peningkatan pendapatan ekonomi pelaku usaha OAP.

Ketua kelompok usaha perikanan OAP Elkanus Binwasef mengakui sangat bangga dan bahagia dengan adanya bantuan peralatan perikanan dari Kemenperin.

Elkanus menyebut, bantuan peralatan perikanan berupa alat masak, kulkas, freezer, kompor masak, bahan bakar gas, panci, kuali, dan alat cetak produksi kemasan.

"Kami sebagai pelaku usaha OAP berterima kasih atas dukungan Kementerian Perindustrian, Pemkab Biak Numfor dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan diterima kelompok usaha perikanan Tumember Kampung Binyeri, Distrik Yendidori," katanya lagi.

Elkanus menyatakan lagi, pihak kelompok usaha perikanan Tumember tidak hanya diberikan pelatihan pengelolaan ikan, tetapi juga diberikan pendampingan manajemen.

"Semoga bantuan ini memberikan manfaat untuk pengembangan produk baru pelaku usaha OAP untuk dapat mandiri dan sejahtera," katanya mengharapkan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Numfor Yubelius Usior berharap pelatihan keterampilan pengelolaan perikanan bisa memberikan hasil nyata meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian Perindustrian bantu peralatan perikanan pelaku usaha OAP

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024