Timika (ANTARA) - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengatakan terhitung 31 Mei 2024 pihaknya telah melakukan imunisasi polio bagi 8.338 anak di daerah ini dari total 55.570 anak yang ada.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Mimika Obet Tekege di Timika, Minggu, mengatakan presentasi pencapaian pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di daerah ini sudah 15 persen.

“Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak melalui pendekatan dari rumah ke rumah dan sekolah ke sekolah,” katanya.

Menurut Obet, pihaknya memberikan apresiasi terhadap masyarakat Distrik Kwamki Narama yang memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya PIN Polio.

“Distrik ini berada di wilayah perkotaan dan masyarakatnya dengan penuh kesadaran mau menerima dan membawa anak-anak untuk mendapatkan imunisasi polio,” ujarnya.

Dia menjelaskan kendala pencapaian imunisasi polio di daerah ini yakni tim kesulitan menjangkau wilayah pegunungan dan pesisir Kabupaten Mimika.

“Sebagai solusinya maka kami telah menjadwalkan untuk melakukan pertemuan bersama lima kepala puskesmas wilayah pegunungan dan 11 kepala puskesmas wilayah pesisir,” katanya.

Dia menambahkan PIN Polio belum sampai ke wilayah pegunungan dan pesisir Kabupaten Mimika, sehingga pihaknya terus melakukan koordinasi bersama kepala puskesmas pada masing-masing wilayah tersebut.

“PIN Polio telah dilaksanakan sejak 28 Mei 2024 di wilayah perkotaan, perhatian selanjutnya yakni menyasar ke pegunungan dan pesisir,” ucap Obet Tekege.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024