Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua akan membersihkan Pantai Wisata Khalkote menyambut Festival Danau Sentani (FDS) XIV yang berlangsung 19-23 Juni 2024.

Pembersihan Pantai Khalkote sekaligus gerebak di sekitar lokasi FDS XIV dalam penyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar pada Senin (10/6) 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Jumat, mengatakan dalam kegiatan itu pihaknya akan memilah sampah plastik, kering dan basah.

“Tujuan dari memilah sampah-sampah itu untuk memudahkan petugas atau pun pengelola bang sampah untuk mengumpulkannya sebelum didaur ulang,” katanya.

Menurut Basri, fokus kegiatan di Pantai Khalkote sebagaimana petunjuk dari Penjabat Bupati Jayapura untuk seluruh komponen dapat mensukseskan FDS XIV 2024.

“Awalnya kami tetap akan membuat kegiatan pada 5 Juni 2024 sesuai tanggal Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tetapi permintaan dari pak penjabat bupati untuk dilakukan di Pantai Khalkote pada 10 Juni 2024,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini akan didukung oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga swasta maupun negeri termasuk forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayapura.

“Dalam kegiatannya nanti pihaknya juga akan menanam pohon sebagai simbol penyelesaian krisis iklim secara global di lokasi FDS,” katanya.

Dia menambahkan, kesadaran masyarakat mengenai lingkungan di 19 distrik Kabupaten Jayapura perlu ditingkatkan guna menjaga kondisi alam tetap terpelihara dengan baik.

“Dalam momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia kami mengharapkan adanya dukungan masyarakat dalam menjaga lingkungan, buanglah sampah pada tempatnnya, jangan membabat serta membakar hutan, tetapi menanam dan melestarikannya,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024