Timika (ANTARA) - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat dapat dimulai dari dalam lingkungan keluarga, dengan menumbuhkan kesadaran pada diri sendiri dan anggota keluarga.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Nelly Pangaribuan di Timika, Senin, mengatakan Germas Hidup Sehat merupakan bentuk promosi kesehatan yang wajib untuk dikampanyekan.

“Ada indikator untuk mensosialisasikan Germas Hidup Sehat yakni melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta rutin memeriksakan kesehatan setiap enam bulan,” katanya.

Menurut Nelly, sosialisasi tersebut perlu dilakukan dalam setiap lingkungan kehidupan bermasyarakat, baik diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat luas.

“Bentuk dukungan pemerintah terhadap Germas Hidup Sehat yakni penetapan kawasan tanpa asap rokok dan makanan sehat untuk anak di Posyandu,” ujarnya.

Dia menjelaskan hidup sehat harus dimulai dari individu terlebih dahulu,kemudian mulai membuka ruang pada lingkup keluarga, distrik hingga pada skala kabupaten, untuk memberi dampak yang meluas.

“Hal ini sudah mulai dipraktikkan pada Distrik Mimika Baru dengan menggelar sosialisasi Germas Hidup Sehat serta melibatkan puluhan kader posyandu dari kelurahan pada distrik ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar setiap kader posyandu yang mengikuti sosialisasi ini dapat memahami tentang hidup sehat dan mewujudkan Germas.

“Kami berharap setelah menerima materi terkait Germas Hidup Sehat maka para peserta nantinya dapat mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya lagi.

 


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024