Jayapura (ANTARA) - Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) menggelar bakti sosial dengan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat di Pantai Sinokisi, Distrik Yokari, Kabupaten Jayapura, Papua pada Minggu (16/6).

Pembina Ikatan Alumni FK UKI dr. Trajanus Laurens Jembise dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan pada kegiatan tersebut pihaknya melibatkan 15 dokter yang terdiri dokter umum dan spesialis serta bekerja sama dengan Klasis GKI Tanah Merah Barat.

"Pada kegiatan pemeriksaan gratis ini kami juga melibatkan Klasis GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura karena selain pengobatan, UKI juga memberikan sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga edukasi tentang pemberian imunisasi bagi anak," katanya.

Menurut Jembise, dari hasil pengobatan gratis tersebut, diketahui banyak masyarakat yang terserang penyakit darah tinggi, asam urat, kolesterol sedangkan pada anak-anak yakni batuk serta pilek.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat jika mengalami sakit, sebaiknya berobat ke fasilitas kesehatan terdekat terutama bagi anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologia (STFT) Gereja Kristen Injili di Tanah Papua (GKI) Izaak Samuel Kijne Jayapura Pendeta Sientje Latuputty mengatakan masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan pengobatan gratis tersebut karena akses untuk menuju puskesmas cukup sulit di mana harus menggunakan perahu motor.

"Kami berharap ke depan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini bisa terus dilakukan terutama pada anak-anak di Pantai Sinokisi serta sekitarnya," katanya.

Senada dengan Pendeta Latuputty, Ketua Panitia Baksos FK UKI dr Rony Parlindungan Sinaga mengatakan selain pengobatan dan pemeriksaan gratis pihaknya juga memberikan bantuan berupa obat-obatan umum, lalu tabung oksigen serta bahan pokok bagi masyarakat.

"Pada kegiatan ini kami menangani kurang lebih 200 orang termasuk anak-anak di mana FK UKI mengambil tema 'Berbakti Untuk Negeri, Melayani Bukan Dilayani'," katanya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024