Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintahan kampung guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura Evert Merauje di Jayapura, Sabtu, mengatakan penguatan kelembagaan dan SDM aparatur pemerintahan kampung merupakan upaya mencapai pelaksanaan tugas dan fungsi kelembagaan masyarakat kampung.

"Tetapi juga guna terwujudnya perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Menurut Merauje, peran lembaga masyarakat kampung sangat penting untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan.

"Karena Pemkot Jayapura terus berkomitmen untuk terus mendukung upaya kelembagaan di tingkat kampung yang komprehensif," ujarnya.

Dia menjelaskan keberhasilan pembangunan sangat bergantung pada sinergi antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, sehingga pihaknya berharap setiap lembaga masyarakat di kampung terus memperkuat kapasitas SDM.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura Makzi Atanay mengatakan pihaknya telah melaksanakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelembagaan yang diikuti oleh 14 kampung di daerah itu pada Rabu (19/6).

"Pelaksanaan bimbingan teknis juga untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman, secara teknis tentang pentingnya tugas pokok dan fungsi masing-masing lembaga kemasyarakatan yang ada di kampung," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024