Sentani (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura menyebutkan sudah tiga bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Jayapura periode 2024-2029 telah melakukan pendataran pada hari pertama dan kedua.

Ketiga bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura yang telah mendaftar diantaranya Alpius Toam-Giri Wijayantoro (AT-GW) pada Selasa (27) sementara Jan Jaap Ormuseray-Asrin Rante Tasak (JJO-ART) dan Ted Yones Mokay-Supardi (TOP) Rabu 28 Agustus 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jayapura Efra J Tunya di Sentani, Kamis mengatakan sampai dengan hari kedua telah ada tiga pasangan calon yang mendaftar.

“Prosesnya semuanya sama, pasangan calon datang sendiri didampingi partai koalisi atau pendukung menyerahkan dokumen pendaftaran kepada kami KPU Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Efra, dalam proses pendataran pihaknya langsung mengecek kelengkapan dokumen, dimana kalau terdapat kekurangan langsung akan disampaikan untuk segera dilengkapi.

“Kelengkapan administrasi harus dilengkapi selambat-lambatnya hari ini (Kamis) hingga pukul 23.59 WIT supaya diproses untuk melakukan tahapan selanjutnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan terdapat dokumen persyaratan dua Jan Jaap Ormuseray-Asrin Rante Tasak dan Ted Yones Mokay-Supardi.

“Kami nyatakan dokumen kedua paslon belum lengkap itu, langsung dikembalikan berkas dokumen pencalonannya untuk segera dilengkapi sesuai dengan poin-poin yang telah ditetapkan,” katanya.

Dia menambahkan sementara untuk paslon Alpius Toam-Giri Wijayantoro atau AT-GW dokumennya saat mendaftar belum lengkap, tetapi langsung dilengkapi pada hari itu juga.

“Dokumen sudah lengkap langsung pasangan itu dapat melangkah ke tahap selanjutnya dengan di tandai surat pengantar kesehatan sebagai syarat untuk melakukan pemeriksaan di RSUD Jayapura,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024