Timika (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito mengajak organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah kabupaten setempat untuk membuat program kerja yang dapat langsung menyentuh masyarakat hingga tingkat distrik.

“Dinas terkait langsung yang menyangk UUut hal tersebut, mari kita sama-sama membuat satu program yang langsung berdampak,” katanya di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Senin.

Ia mengatakan kondisi kemiskinan dan stunting di daerah ini menjadi perhatian bersama, terutama instansi terkait yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menangani persoalan tersebut.

Menurut dia, pelaksanaan program kerja instansi-instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika harus lebih fokus pada dampak yang akan dicapai dari suatu kegiatan.

“Kita masih terbiasa melakukan program yang fokus pada terlaksananya kegiatan dan tidak memperhatikan dampak dari program tersebut sehingga membuat kita masih tertinggal,” ujarnya.

Saat suatu OPD menjalankan program kerja, katanya, jangan hanya untuk menyelesaikan target tahun anggaran, tetapi harus berdampak ke depannya.

“Hari ini kita juga ada rapat OPD yang penekanan utamanya terkait pendidikan, kesehatan, dan perkembangan perekonomian di Mimika,” katanya.

Dia mengatakan sesuai surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa dirinya ditetapkan untuk kembali mengemban tugas sebagai Pj Bupati Mimika tertanggal 6 September 2024.

“Bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob maka tertanggal 6 September 2024 kepemimpinan beliau berakhir, secara otomatis ditunjuk pj bupati,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024