Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua menggencarkan budaya menabung di kalangan siswa satuan pendidikan dalam rangka mendukung program Gerakan Menabung Indonesia (GMI) pada 2024.

"Program gerakan Indonesia menabung merupakan salah satu langkah strategis literasi keuangan di satuan pendidikan," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin  di Biak, Kamis.

Ia mengatakan, tujuan utama dari gerakan Indonesia menabung untuk mendorong pemahaman dan kemandirian generasi muda pada sektor finansial.

Dinas Pendidikan, lanjut Kamaruddin, terus berupaya untuk meningkatkan budaya menabung pada kalangan pelajar di Kabupaten Biak Numfor.

Literasi keuangan rajin menabung di kalangan siswa,lanjut dia, dapat menumbuhkan edukasi literasi keuangan mengenai pentingnya menabung sejak usia dini.

"Budaya menabung melalui program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang disediakan berbagai bank pemerintah dan swasta," sebutnya.

Ia berharap, para pelajar di wilayahnya jadi tertarik dengan gerakan Indonesia menabung.

Kamaruddin optimistis dan percaya dengan kebiasaan sejak kecil menabung dapat menjadikan kebanggaan orang tua dan sekolah.

"Kami terus mengajak satuan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi di sekolah menabung," katanya.

Beberapa perbankan Biak Numfor yang menyediakan tabungan junior di antaranya BRI,BNI, dan Bank Papua serta beberapa perbankan swasta lainnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024