Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa meminta kurang lebih 4.000 aparatur sipil negara (ASN) daerah setempat untuk mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang damai dengan netralitas dan tanpa narasi perpecahan atau polemik.

“Sikap ASN tetap netral meski berpolitik tetapi pasif dan tidak menggunakan fasilitas negara yang bisa menyebabkan polemik,” kata Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Kamis.

Menurutnya, ASN harus dapat mengajak keluarga dan kerabatnya untuk menciptakan Pilkada damai 2024.

“Harus dapat memberikan pesan-pesan kedamaian, dan hindari narasi-narasi perpecahan baik di setiap komunikasi sosial maupun di media sosial,” ujarnya.

Dia mengharapkan ASN tidak boleh berpolitik aktif baik di dunia nyata maupun media sosial sehingga sama-sama mendukung Pilkada damai.

“Kita harus mendung penyelenggara baik KPU, Bawaslu dan pihak keamanan untuk menjaga supaya Pilkada di Kabupaten Jayapura berjalan baik dan lancar serta memperoleh bupati dan wakil bupati yang berkualitas,” katanya.

Dia menambahkan ASN Kabupaten Jayapura harus fokus dalam tugas pokok dan fungsi atau tupoksi dalam merealisasikan program dan kegiatan 2024 meski saat ini tahun politik.

“Kalau bisa ASN netral dan tetap fokus mengerjakan pekerjaan yang telah direncanakan atau disusun tahun ini supaya terealisasi 100 persen dan masyarakat bisa memperoleh manfaat dari pekerjaan itu,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024