Jayapura (ANTARA) - Polresta Jayapura Kota, Papua mengerahkan sebanyak 16 personel untuk mengamankan empat pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota peserta Pilkada 2024.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon di Jayapura, Selasa, mengatakan masing-masing calon baik wali kota maupun wakil wali kota akan dijaga oleh dua personel, di mana pengamanan dimulai Selasa (24/9) hingga tahapan pilkada selesai.

"Jadi setelah dilakukan pencabutan nomor urut paslon maka kami mengerahkan anggota kami untuk melakukan pengamanan bagi masing-masing calon," katanya.

Empat pasangan calon peserta pilkada 2024 Kota Jayapura yakni Frans Pekey-H. Mansur, Jhoni Banua Rouw- H Darwis Massi, Boy Markus Dawir-Dipo Wibowo, dan Abisai Rollo-H Rustan Saru.

Menurut Mackbon, pengamanan melekat paslon merupakan bagian dari tugas dan fungsi Polri dalam mengamankan pesta demokrasi pilkada serentak di ibu kota Provinsi Papua tersebut.

"Ini menunjukkan dukungan dan komitmen kami terhadap pelaksanaan pilkada yang aman, damai dan demokratis," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Jayapura dapat menciptakan keharmonisan, kerukunan dan keamanan yang baik selama pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung.

"Dalam pengamanan Pilkada 2024 di Kota Jayapura kami menyiapkan sebanyak 500 personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Cartenz," katanya lagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak 289.451 orang yang terdiri atas 150.644 laki-laki dan 138.807 perempuan dengan total 574 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di lima distrik dan 39 kelurahan/kampung.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024