Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2025 masih menggencarkan program literasi-numerasi di satuan pendidikan Sekolah Dasar.

"Kemampuan baca tulis atau literasi siswa Sekolah Dasar masih terus ditingkatkan setiap tahun," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Kamaruddin di Biak, Ahad.

Ia mengatakan pencapaian literasi siswa SD di Kabupaten Biak Numfor berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) masih lebih baik dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Papua.

Sedangkan untuk pencapaian numerasi atau kemampuan berhitung anak SD menggunakan simbol, menurut Kamaruddin, dalam dua tahun yakni 2023-2024 mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan kemampuan berhitung siswa SD di Biak, kata dia, dampak keberhasilan program berhitung cepat asik menyenangkan (Gasing) karena dibina langsung Prof Yohanes Surya.

"Keberhasilan program Gasing di satuan pendidikan SD dalam dua tahun 2023-2024 terjadi pada siswa Sekolah Dasar dan guru," katanya.

Bahkan satu siswa SD asal Biak, kata dia, terpilih mengikuti ajang lomba Matematika Internasional di Korea Selatan pada 2024.

"Ya, keberhasilan siswa SD Biak di lomba Internasional merupakan produk nyata hasil program Gasing dalam kurun waktu 2023-2024," katanya

Ia berharap kemampuan literasi-numerasi siswa SD-SMP terus mengalami peningkatan signifikan setiap tahun.

"Peningkatan kemampuan baca tulis dan berhitung siswa satuan pendidikan SD sebagai indikator keberhasilan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Biak Numfor," ucapnya.

Berdasarkan data pada tahun 2024 Dinas Pendidikan menargetkan 167 satuan pendidikan SD mengikuti ANBK.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024