Jayapura (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) guna mendukung upaya penurunan angka stunting di Kampung Rayori, Distrik Kepulauan Aruri, Kabupaten Supiori, Papua.

Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Papua Matheus A. Mual dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan bantuan CSR tersebut berupa susu bubuk sebanyak 1029 dos sebagai upaya mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, mesin pompa air celup solar cell 3 inci beserta instalasi sebanyak satu unit guna meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih.

"Kemudian ada tempat sampah fiber sebanyak lima buah untuk mendukung kebersihan lingkungan, granit sun power sebanyak 213 karton untuk pembangunan gereja sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan keagamaan serta buku, alat tulis dan buku bacaan calistung untuk siswa siswi Kelas 1-2 SD sebanyak 96 paket guna mendukung pendidikan juga literasi anak," katanya.

Menurut Matheus, pihaknya berharap melalui bantuan CSR Bank Papua ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kampung Rayori khususnya dalam menurunkan angka stunting serta dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Sejalan dengan program Pemerintah Pusat yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif, maka Bank Papua membuat Program untuk menanggulangi stunting dengan nama SAHABAT yang merupakan akronim dari 'Satu Hati Berantas Angka stunting' dengan program unggulan adalah Sahabat Sehat, Sahabat Bersih, Sahabat Sukses, Sahabat Cerdas, dan Sahabat Beriman," ujarnya.

Dia menambahkan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan di wilayah tersebut menunjukkan komitmen semua pihak dalam membangun masyarakat Papua yang lebih sehat dan cerdas khususnya di Distrik Kepulauan Aruri.

"Dengan dukungan semua pihak, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat di Kampung Rayori – Distrik Kepulauan Aruri, Kabupaten Supiori," katanya lagi.
  Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Papua Matheus A. Mual menyerahkan bantuan granit sun power sebanyak 213 karton untuk pembangunan gereja di Kampung Rayori. (ANTARA/HO-Humas Bank Papua)
Senada dengan Matheus A. Mual, Kepala Distrik Kepulauan Aruri Paulus Rumbekwan mengatakan mewakili masyarakat Kampung Rayori pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Bank Papua, di mana bantuan ini sangat luar biasa serta dapat menjawab beberapa kebutuhan masyarakat antara lain memenuhi  kebutuhan anak-anak balita stunting, kebutuhan air bersih, kebutuhan buku, alat tulis dan bacaan calistung untuk anak-anak sekolah dasar dan kebutuhan pembangunan gereja.

Selain kegiatan penyerahan bantuan CSR, dilakukan juga kegiatan sosialisasi tentang menjaga kebersihan lingkungan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Dinas Lingkungan Hidup Ludia Linda Mandosir serta kunjungan Tim Divisi Bisnis UMK dan Konsumer Bank Papua untuk melihat potensi dan berinteraksi dengan masyarakat pelaku usaha atau kios.
 
Penyerahan bantuan CSR yang dilaksanakan di Kantor Kampung Rayori tersebut dihadiri oleh berbagai pihak di antaranya Kepala Distrik Kepulauan Aruri Paulus Rumbekwan,  Kapolsek Supiori Selatan Arianto Sitepu, Babinsa Supiori Selatan Serda Hofni Padwa, Sekretaris Bappeda Kabupaten Supiori Thomas Amuna, Kepala Seksi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Supiori Ludia Linda Mandosir, Kepala Puskesmas Sowek Bernard Wambrauw, Kepala Kampung di Distrik Kepulauan Aruri, Kepala Sekolah YPK Elim 3 Thonci Willem Wambrauw, Tim Teknis BKKBN Helen Papare, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama Kampung Rayori, kader posyandu, Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Papua Matheus A. Mual, Pemimpin Divisi Bisnis UMK dan Konsumer Jonathan Auparay serta masyarakat Kampung Rayori. 

Pewarta : Admin Portal
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024