Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, terus memperkuat transformasi digital dalam penggunaan teknologi informasi untuk pelayanan bagi masyarakat terutama pelaku usaha setempat.

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait, di Jayapura, Kamis, mengatakan tahun ini merupakan momentum yang penting untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang lebih responsif, efektif, dan efisien di tengah pertumbuhan ekonomi global.

"Oleh karena itu, pemerintah daerah harus terus berupaya dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pelayanan publik yang lebih kondusif demi peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat," katanya.

Menurut Sohilait, salah satu dalam instrumen tersebut adalah pelayanan terpadu satu pintu yang berfungsi untuk memberikan kemudahan, kepastian, ketepatan dan kecepatan dalam pengurusan perizinan dan nonperizinan.

Dia menjelaskan bahwa selain Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), percepatan pelayanan berusaha juga menjadi fokus penting pemerintah daerah setempat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam menciptakan iklim investasi yang sehat dan kondusif bagi pelaku usaha baik lokal maupun luar daerah," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa PTSP dan percepatan pelayanan berusaha merupakan dua pilar penting dalam meningkatkan daya saing daerah dan memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha

"Evaluasi yang dilakukan saat ini akan memberikan gambaran mengenai pencapaian, tantangan dan langkah-langkah perbaikan yang segera ditindaklanjuti agar pelayanan publik semakin baik," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024