Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah membina talenta muda atlet sepak bola asal daerah ini dengan pola asrama.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Mimika Yopi Toisuta di Timika, Senin, mengatakan bahwa pembinaan berpola asrama akan membentuk kedisiplinan diri seorang atlet.

"Kedisiplinan harus dimulai sejak dini, untuk itu para talenta sepak bola Mimika telah kita bina dengan pola asrama sejak dini," katanya.

Menurut Yopi, pembinaan seperti ini akan berdampak pada masa depan dan karir seseorang, karena kedisiplinan juga menjadi kunci suksesnya.

"Kami sudah memulai sejak 2023, atlet kita ini ditampung di asrama sehingga mereka hanya fokus ke sekolah dan juga sepak bola," ujarnya.

Dia menjelaskan, jika kedisiplinan dinomorduakan maka target akan sulit tercapai, karena pada prinsipnya seorang atlet akan berprestasi jika terbentuk dalam sistem yang disiplin.

"Kita dapat melihat banyak tokoh-tokoh olahraga yang sukses dan berprestasi karena kedisiplinan menjadi prioritas dan membentuk karakter seorang atlet," katanya lagi.

Dia berharap melalui pola asrama yang diterapkan nantinya melahirkan atlet Mimika yang siap membawa mengharumkan nama daerah di kancah nasional dan internasional.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024