Selasa, 17 Oktober 2017

Papua segera ekspor 100 kontainer kayu olahan

id Papua segera ekspor 100 kontainer kayu olahan
Papua segera ekspor 100 kontainer kayu olahan
Asisten II Setda Papua Elia Loupaty memperlihatkan kayu olahan yang akan diekspor ke Tiongkok, pada 9 Januari 2017. (Foto: Antara Papua/Dhias Suwandi)
Ekspor ini merupakan yang ketiga kalinya, di mana sebelumnya yakni pada 9 April 2016 sebanyak 40 kontainer dan kedua pada 9 Januari 2017 sebanyak 30 kontainer.
Jayapura (Antara Papua) - Pengusaha di Provinsi Papua segera mengekspor 100 kontainer kayu olahan berupa "flooring" dan "dorgem" ke Shanghai, Tiongkok.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Yan Jap Ormuseray, di Jayapura, Senin, mengatakan demi kelancaran ekspor tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Iswa Komda Papua dan PT Pelindo 4 Jayapura.

"Ekspor ini merupakan yang ketiga kalinya, di mana sebelumnya yakni pada 9 April 2016 sebanyak 40 kontainer dan kedua pada 9 Januari 2017 sebanyak 30 kontainer," katanya.

Menurut Yan, dari hasil ekspor ini manfaat yang didapatkan oleh Pemprov Papua berupa pembayaran Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH).

"Selain itu, masyarakat adat juga mendapat kompensasi hak ulayat berdasarkan peraturan gubernur," ujarnya.

Dia menjelaskan peraturan gubernur yang mengatur masyarakat adat mendapat hak dari kayu yang dikelola Hak Penguasaan Hutan (HPH) dan pajak ekspor.

"Hasilnya, nanti setelah ekspor baru kami ketahui berapa besar bagian yang didapat oleh negara dan provinsi," katanya lagi.

Dia menambahkan 100 kontainer kayu yang akan diekspor ke Tiongkok ini berjenis kayu merbau. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga