Selasa, 17 Oktober 2017

Mimika butuh dukungan Pemprov Papua untuk selesaikan Bandara Mozes Kilangin

id Mimika butuh dukungan Pemprov Papua untuk selesaikan Bandara Mozes Kilangin
Mimika butuh dukungan Pemprov Papua untuk selesaikan Bandara Mozes Kilangin
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Mimika, John Rettob. (Foto: Antara Papua/Jeremias Rahadat)
Kunjungan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua ke Bandara Timika beberapa waktu lalu sekaligus untuk mengetahui apa-apa saja yang masih kita butuhkan seperti tempat parkir pesawat dan berbagai fasilitas pendukung lainnya
Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi Papua guna menyelesaikan pembangunan gedung terminal dan fasilitas pendukung lainnya di Bandara Mozes Kilangin Timika sebelum pelaksanaan PON tahun 2020.

Kepala Dishubkominfo Mimika John Rettob di Timika, Senin, mengatakan hingga kini masih banyak fasilitas yang dibutuhkan untuk dibangun di Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Kunjungan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua ke Bandara Timika beberapa waktu lalu sekaligus untuk mengetahui apa-apa saja yang masih kita butuhkan seperti tempat parkir pesawat dan berbagai fasilitas pendukung lainnya," kata John.

Tahun ini Pemprov Papua memberikan dukungan anggaran Rp5 miliar untuk pembangunan tambahan apron (tempat parkir pesawat).

"Yang pasti dana Rp5 miliar itu dipergunakan untuk pembuatan apron tahap awal. Soal ukuran atau volumenya berapa besar itu nanti akan dihitung disesuaikan dengan alokasi anggaran yang tersedia," jelasnya.

Menurut John, pada 2014 Pemkab Mimika menggelontorkan anggaran lebih dari Rp20 miliar untuk pembangunan apron lapisan pertama dan kedua dengan volume 200 x 100 meter persegi.

Pada 2016, Pemprov Papua mengucurkan bantuan Rp20 miliar guna mendukung pembangunan fasilitas Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Setelah melihat progres pembangunan Bandara Timika maka sudah tentu Pemprov Papua ke depan akan menambah alokasi anggaran untuk mengebut pembangunan bandara ini agar bisa tuntas sebelum pelaksanaan PON tahun 2020. Kami juga terus mengharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan," kata John.

Bandara Mozes Kilangin Timika dibangun oleh PT Freeport Indonesia pada era 1970-an dengan status bandara khusus untuk mendukung operasional perusahaan.

Beberapa waktu lalu, PT Freeport secara resmi telah menyerahkan Bandara Mozes Kilangin Timika untuk dikelola oleh pemerintah guna melayani kepentingan umum.

Semua fasilitas yang tersedia di sisi utara Bandara Mozes Kilangin Timika seperti gedung terminal penumpang, tempat parkir pesawat, depo penampungan bahan bakar dan lainnya dibangun oleh PT Freeport.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemkab Mimika bekerja sama dengan Kemenhub dan Pemprov Papua mulai membangun gedung terminal dan berbagai fasilitas pendukung lainnya di sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika untuk nantinya digunakan bagi kepentingan umum. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga