Rabu, 18 Oktober 2017

Tim Ekspedisi NKRI 2017 tiba di Mappi

id Tim Ekspedisi NKRI 2017 tiba di Mappi, Papua, Kodam Cenderawasih
Tim Ekspedisi NKRI 2017 tiba di Mappi
Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 berkunjung ke Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, dan kedatangannya disambut oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu beserta Forkominda dan segenap masyarakat dari 15 distrik di dermaga Distrik Naiboman Bapai, pada Minggu (7/8) sore. (Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih)
Mappi (Antara Papua) - Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 tiba di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, dan kedatangannya disambut oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu beserta Forkominda dan segenap masyarakat dari 15 distrik di dermaga Distrik Naiboman Bapai, pada Minggu (7/8) sore.

Rombongan Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi yang berjumlah 97 orang itu disambut tarian tradisional Bora Bora (tarian persahabatan), meskipun diguyur hujan deras.

Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi Kapten Inf Pardol dikalungi pakaian adat oleh tokoh adat setempat dan penyerahan bendera merah putih oleh Bupati Mappi sebagai  simbol masyarakat Mappi sangat senang menerima kedatangan Tim Ekspedisi NKRI itu.



Setelah penyambutan di dermaga, peserta ekspedisi dan seluruh perangkat daerah menuju gelanggang olahraga Kepi untuk melaksanakan jamuan makan malam bersama, kemudian dilanjutkan dengan paparan dan penjelasan kegiatan Ekspedisi NKRI 2017 oleh Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi Kapten Inf Pardol.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Pardol menyampaikan bahwa, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian selatan 2017 merupakan kegiatan yang ketujuh.
 
Sebelumnya, ekspedisi dilakukan di Bukit Barisan pada 2011, Khatulistiwa 2012, Sulawesi 2013, Maluku dan Maluku Utara 2014, Nusa Tenggara dan Bali 2015, dan Papua Barat 2016.

Kapten Pardol menjelaskan tujuan dari Ekspedisi NKRI 2017 yakni mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan cinta tanah air, meningkatkan pertahanan keamanan nasional, dan membangkitkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan.

Selain itu, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam serta meningkatkan akses perhubungan, komunikasi dan perekonomian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Mappi Kristostimus Agawemu menyampaikan bahwa Mappi merupakan Distrik Seribu rawa.



"Rawa-rawa inilah yang menyatukan kita menjadi saudara. penyambutan tadi menunjukan bahwa Kita Indonesia, Kita Pancasila, Kita Bhinneka Tunggal Ika, karena bermacam-macam suku menyambut," ujarnya.

Hadir pada acara penyambutan, Wakil ketua DPR, Sekda, Kapolres, Pabung Yonif 755, Danramil, Tokoh agama, tokoh  masyarakat dan tokoh pemuda serta masyarakat Kabupaten Mappi. (*/adv)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga