Kamis, 19 Oktober 2017

Pemkab Mimika sosialisasi sistem aplikasi pangan unggulan

id Pemkab Mimika sosialisasi sistem aplikasi pangan unggulan, Papua
Pemkab Mimika sosialisasi sistem aplikasi pangan unggulan
Puluhan petani, nelayan dan peternak Mimika mengikuti sosialisasi aplikasi "Sa Punya Mimika" di kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, di Timika, Kamis (10/8) (Foto: Antara Papua/Jeremias Rahadat)
Jadi petani, nelayan dan peternak bisa memasarkan hasil mereka melalui aplikasi ini, dan konsumen juga dengan mudah mengetahui lokasi komoditas yang ingin dibeli
Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar penyuluhan tentang distribusi pemasaran hasil produksi pertanian guna menyosialisasikan sistem aplikasi pangan unggulan yang disingkat "Sa Punya Mimika" (saya punya Mimika).

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian Kabupaten Mimika I Nyoman Dwitana, di Timika, Kamis, menjelaskan aplikasi "Sa Punya Mimika" bertujuan membantu pemasaran, hasil pertanian, peternakan dan perikanan hingga sampai di konsumen secara baik.

"Jadi petani, nelayan dan peternak bisa memasarkan hasil mereka melalui aplikasi ini, dan konsumen juga dengan mudah mengetahui lokasi komoditas yang ingin dibeli," ujar Dwitana.

Menurut dia, aplikasi tersebut juga bertujuan untuk menjawab persoalan para petani, nelayan dan peternak di wilayah itu tentang kendala pemasaran dan pendistribusian komoditas.

"Ini merupakan upaya Kantor Ketahanan Pangan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat baik sebagai petani, nelayan dan peternak maupun kepada konsumen," ujarnya.

Para petani, nelayan dan peternak termasuk konsumen khusus yang berada di kabupaten Mimika dapat mengunduh aplikasi ini melalui "play store" pada telepon pintar.

Aplikasi "Sa Punya Mimika" ini akan diluncurkan pada 1 September mendatang.

"Semua bisa mengunduh aplikasi ini namun untuk petani, nelayan dan peternak sebagai pengguna wajib mendaftarkan KTP dan nomor HP-nya kepada Kantor Ketahanan Pangan untuk menghindari penyalahgunaan aplikasi ini seperti menjual hasil pangan dari daerah lain," Dwitana.

Kepala Dinas Petanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Mimika, Yohana Paliling berharap agar aplikasi yang akan diluncurkan oleh Kantor Ketahanan Pangan Mimika ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para petani, nelayan dan peternak di wilayah itu juga masyarakat Mimika dalam memperoleh pangan lokal yang berkualitas. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga