23 peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Babel dibekali menari

id Siswa mengenal nusantara

Pelajar peserta Siswa Mengenal Nusantara 2019 asal Bangka Belitung belajar menari di Pangkalpinang, Selasa malam, (13/8/2019). ANTARA/Aprionis/am.

Pangkalpinang (ANTARA) - Sebanyak 23 peserta Program Siswa Mengenal Nusantara asal Kepulauan Bangka Belitung dibekali kemampuan menari guna memperkenalkan kebudayaan masyarakat setempat di Kendari, Sulawesi Tenggara dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia.

"Di sini saya akan mengajar mereka menari dengan lagu khas Babel yang berjudul 'Seni Budaya Kite' yang durasinya sekitar lima menit," kata Ketua Bidang Tari Dewan Kesenian Kabupaten Bangka, Juwita, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan tarian dengan judul lagu "Seni Budaya Kite" itu berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dan cocok untuk diterapkan kepada para pelajar karena gerakan tariannya yang juga tidak sulit.

"Dalam tarian ini kita akan menyesuaikan kemampuan para siswa dengan gerakan dasar yang mudah dipahami, karena nada lagu di tarian tersebut tidak terlalu cepat dan saya akan kembangkan gaya tarian ini sesuai kemampuan mereka masing-masing," ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa tarian "Seni Budaya Kite" menggambarkan kebudayaan untuk Babel, baik adat istiadat dan perilaku masyarakat Bangka Belitung, yang selalu hidup berdampingan meski dengan keyakinan yang berbeda.

"Tarian dan lirik lagu menggambarkan kebudayaan untuk Babel, baik adat istiadat dan hal lain yang diteladani masyarakat," ujar dia.

Juwita berharap, para pelajar serius mengikuti latihan gerakan tarian itu agar mudah menghafalnya dan terinspirasi untuk menerapkannya ke teman di sekolah dan lingkungan sekitar.

"Melalui tarian ini saya harap dapat memotivasi mereka agar lebih kreatif, terinspirasi untuk mengembangkan tarian ini dan menerapkannya ke teman-teman lain," ujar dia.

Baca juga: Peserta SMN dari Jateng diminta hormati adat istiadat setempat
Baca juga: Pemprov Lampung apresiasi program Siswa Mengenal Nusantara
Baca juga: SMN asal Sumbar dapat pengenalan tiga BUMN

Pewarta : Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar