Hujan tak halangi pengibaran Sang Merah Putih di Belanda

id Belanda

Duta Besar RI di Den Haag, Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja. (ANTARA/Izaac Mulyawan)

London (ANTARA) - Langit mendung dan rintik hujan tidak menghalangi pengibaran Sang Merah Putih di Belanda yang justru menambah suasana khidmat Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang diadakan di Sekolah Indonesia Den Haag di (SIDH) Wassenaar Sabtu ( 17/8) pada pukul 10.00 waktu Belanda.

Upacara diikuti lebih dari 500 peserta yang terdiri dari masyarakat Indonesia, siswa-siswi SIDH, diaspora Indonesia, friends of Indonesia, veteran, undangan, Darma Wanita Persatuan dan seluruh keluarga besar KBRI Den Haag, kata Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Den Haag, Fery Iswandy kepada Antara Sabtu.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan beberapa hal penting. Pertama, menyampaikan terima kasih kepada Tuhan YME dan atas rahmatnya Peringatan Kemerdekaan RI ke-74 dapat dirayakan di Belanda.

Dubes memanjatkan rasa syukurnya atas kelancaran pemilu luar negeri di Belanda yang disebut sebagai “The world’s largest direct presidential election”.

Di akhir amanatnya, Dubes menyampaikan pentingnya semangat kebersamaan di antara masyarakat Indonesia di Belanda dan untuk selalu terus berkontribusi aktif bagi Indonesia dengan mengenyampingkan kepentingan pribadi maupun asal usul, dan secara bersama-sama memikirkan masa depan bangsa.

Dua puluh dua siswa siswi SIDH bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih melangkah dengan tegap memasuki lapangan upacara. Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan khidmat dan peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, penampilan aubade dari siswa dan siswi SIDH diiringi paduan suara dari Dharma Wanita Persatuan serta guru SIDH, dan penampilan paduan suara Gitabumi voices yang baru menjuarai Grand Prix of Nations Gothenburg 2019.

Dubes pemberian beberapa penghargaan, acara dilanjutkan dengan santap siang bersama, atraksi pencak silat, perlombaan, tarian poco-poco serta foto bersama.(ZG)

 

Baca juga: HUT RI di Belanda diikuti ratusan WNI
Baca juga: Veteran Belanda hadiri HUT Kemerdekaan
Baca juga: Pelajar Indonesia kibarkan Merah Putih di Belanda


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar