SMN sebut Pantai C'beery lokasi wisata menjanjikan di Teluk Youtefa

id SMN sebut Pantai C'beery wisata yang menjanjikan di Teluk Youtefa,Wajo, Jeneponto, Luwu, tana Toraja, Sidrap, Makasar, Selayar, Bantaeng, Gowa,Sulsel

Peserta SMN 2019 asal Sulsel ketika mendapatkan penjelasan soal sejarah singkat tentang Kampung Enggros dan Tobati di obyek wisata Pantai C'beery, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Rabu (21/8) (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang digagas oleh Kementerian BUMN menyebutkan Pantai C'beery merupakan salah satu destinasi wisata yang menjanjikan di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, sehingga perlu dilakukan berbagai inovasi untuk lebih menarik para pengunjung.

"Luar biasa. Yang saya ketahui Pantai C'beery baru setahun belakangan ini ramai dikunjungi. Banyak spot-spot untuk berswafoto, apalagi kalau dikembangkan lagi dengan inovasi yang mendukung," kata Teguh Setiawan, pelajar SMAN 5 Parepare, Kabupaten Parepare, salah satu peserta SMN 2019 asal Sulsel, Rabu.

Ia mengaku objek wisata Pantai C'beery memiliki berbagai keunikan, di antaranya berada di Teluk Youtefa, tak jauh dari kampung adat dan wisata, Enggros dan Tobati serta terhubung dengan objek wisata Pantai Holtekam dan Hamadi.

Selain itu, objek wisata Pantai C'beery bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui jembatan fenomenal yakni jembatan Youtefa yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, serta bisa melalui laut dengan menggunakan speed boat.

Dengan menggunakan speed boat, pengunjung bisa melewati dari dermaga Pasar Youtefa atau dari objek wisata Pantai Hamadi, dimana sekali sewa speed boat senilai Rp300 ribu.

"Kalau ini semua terintegrasi dan sudah pasti bisa mendatangkan manfaat bagi warga yang mengelolanya, apalagi tadi kami disambut dengan ramah oleh Kepala Kampung Enggros Orgenes Merauje dan sejumlah warga," katanya.

Teguh menilai warga Kota Jayapura dan Papua pada umumnya ramah dan bersahabat, jauh dari kesan yang sebaliknya. "Buktinya kami bisa berkunjung di Kota dan Kabupaten Jayapura dengan aman dan nyaman," katanya.

Pada jadwal hari ini, para peserta SMN asal Sulsel mengelilingi Teluk Youtefa, mengunjungi Kampung Wisata Enggros dan obyek wisata Pantai C'beery.

Usai itu, mereka melaksanakan 'tour office' ke Kantor BRI Cabang dan Kanwil Jayapura yang terletak di Ruko Pasifik Permai, pusat perdagangan Kota Jayapura.

Pada malamnya, mereka akan dijamu oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano sekaligus acara perpisahan atau penutupan kegiatan program SMN 2019 asal Sulsel di Restauran B'One.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar