Presiden ingin penataan empat destinasi wisata prioritas tuntas 2020

id candi borobudur,destinasi wisata prioritas,pengembangan daerah wisata

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy (kanan), Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (ketiga kanan) dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (kiri) menjawab pertanyaan dari wartawan seusai mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2019).ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/ama/pri

Magelang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menginginkan penataan empat destinasi wisata prioritas yang mencakup Labuan Bajo, Toba, Mandalika, dan Borobudur tuntas akhir tahun 2020

"Semua nanti diselesaikan, empat destinasi itu kita harapkan selesai di akhir 2020. Kalau di sini (Candi Borobudur), kalau airport Yogyakarta itu Maret sudah selesai di sini juga selesai, baru jalan promosinya," kata Presiden pada Jumat, saat mengunjungi Candi Borobudur di Magelang dan bersepeda di kawasan candi.

Presiden menuturkan bahwa sebelum mengunjungi Borobudur dia melihat kondisi Labuan Bajo, Toba, dan Mandalika.

"Ini yang terakhir, kita ingin memastikan yang berkaitan dengan Borobudur, karena nanti akan di-link-kan dengan selesainya Bandara Baru Yogyakarta. Begitu bandara selesai, ada slot besar pesawat bisa masuk, inilah saya kira kesempatan besar kita untuk mengembangkan Borobudur lebih baik, sehingga kita perlu penataan-penataan lagi," katanya.

Pengembangan kawasan Borobudur sebagai salah satu destinasi prioritas, menurut dia, membutuhkan penataan fisik seperti jalan besar menuju kawasan Candi Borobudur dan jalan yang melingkari kawasan candi.

"Kita mau cek langsung kebutuhan-kebutuhan yang ada di lapangan sehingga nanti betul-betul mendukung apabila ada tambahan turis yang masuk, Borobudur siap bisa melayani lebih banyak para wisatawan," katanya.

Mengenai pengaturan kunjungan ke Candi Borobudur sebagai situs bersejarah, Presiden mengemukakan bahwa kalau nantinya pengunjung sangat padat maka akan dibahas pembatasan pengunjung candi dalam satu waktu.

Baca juga:
Indonesia ajak Australia investasi infrastruktur di destinasi wisata prioritas
Tiga destinasi wisata prioritas Indonesia

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar